Sabtu, 17 Maret 2012

Jaringan Berbasis Server (client-server)


1. Jaringan Berbasis Server (client-server)
Merupakan server didalam sebuah jaringan yang menyediakan mekanisme pengamanan dan pengelolaan jaringan tersebut. Jaringan ini terdiri dari banyak client dari satu atau lebih server. 
keuntungannya yaitu :
  • Media penyimpanan data yang terpusat memungkinkan semua user menyimpan dan menggunakan data di server dan memberikan kemudahan melakukan backup data di saat kritis. Pemeliharaan data juga menjadi lebih mudah karena data tidak tersebar di beberapa computer.
1.1   Definisi
Jaringan komputer adalah hubungan dua buah komputer atau lebih yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data, bagipakai (sharing) perangkat lunak dan keras. Jaringan komputer bisa dibedakan berdasarkan luas area dan cara komunikasi (protocol).
Berdasarkan luas area jaringan komputer dibagi menjadi 3 yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN). Pada perkembangannya luas area hanya tinggal LAN dan WAN karena batasan MAN tidak jelas. WAN mulai berganti nama dengan Internet karena Internet adalah protokol komunikasi untuk WAN yang paling terkenal. Berdasarkan protokol komunikasinya bisa dibedakan menjadi 2 yaitu Close Protocol dan Open Protocol. Close protocol adalah protokol komunikasi untuk suatu sistem operasi

Jaringan Client-Server

Jaringan client-server
Sesuai namanya, jaringan komputer tipe ini memerlukan sebuah (atau lebih) komputer yang difungsikan sebagai pusat pelayanan dalam jaringanyang disebut . Komputer-komputer lain disebut Client atau Workstation. Sesuai sebutannya, komputer Server bertugas melayani semua kebutuhan komuter lain yang ada dalam jaringan. Semua fungsi jaringan dikendalikan dan diatur oleh komputer Server, termasuk masalah keamanan jaringan seperti hak akses data, waktu akses, sumber daya dan sebagainya.
Dalam jaringan Client-Server ini, mungkin saja digunakan lebih dari 1 buah Server, ini tergantung fungsi yang diterapkan dalam jaringan tersebut. Misalnya ada Server Web, Server Mail dan lain-lain.
Komunikasi antarkomputer dilakukan melalui perantara Server, namun, kalau Server tidak aktif maka komputer lainnya (Client) tidak dapat saling berkomunikasi.

1 komentar: