Sabtu, 17 Maret 2012

Hardware jaringan komputer


Perangkat keras jaringan komputer (Hardware)

  1. Network Interface Card (NIC)
Circuit board yang memberi kemampuan komunikasi jaringan antara komputer dalam suatu internet.
  1. Modem
Singkatan dari Modulator-Demodulator. Berfungsi sebagai converter type data digital ke analog dan sebaliknya pada transmisi data melalui internet.
  1. HUB
Berbentuk kotak persegi panjang, fungsinya untuk menghubungkan computer dengan peralatan jaringan lainnya, sehingga berbentuk sigmen jaringan.
  1. Switch
Menghubungkan sejumlah computer pada layer protocol jaringan level dasar, identik dengan hub, namun performannya relative lebih tinggi dibandingkan HUB sebab dapat menghemat pemakaian bandwith jaringan.
  1. Routher
Perangkat jaringan yang dapat menggunakan informasi tiap paket untuk melakukan pencarian jalur penyampaian data yang terbaik.

Media transmisi
            Kabel dengan teknikperlindungan dan antisipasi tekukan kabel terdapat dalam 2 jenis, yaitu :  1. STP (Shielded Twisted Pair)
            2. UTP ( Unishielded Twisted Pair)
            Kabel UTP, umumnya RJ-45 digunakan untuk network, interconnection seperti yang akan diperlihatkan pada kerja lab.STP dipergunakan untuk sambungan yang bersifat vital sebab lebih tahan terhadap gangguan fisik dan interferensi gelombang.

  1. Coaxial
Populer dengan sebutan “coax”, terdiri dari konduktor silindris melingkar, mengelilingi kabel tembaga inti. Umunya dipakai pada sambungan telepon konvensional. Dapat juga digunakan pada LAN type Twisted Pair.
  1. Kabel Serial
Kabel khusus yang menghubungkan 2 PC pada hubungan DCC (Direct Cable Connection) dimana setiap ujung kabel terdiri dari jenis connector yang sama. Memanfaatkan serial port yang sering dipakai untuk koneksi pada printer.

Operating System (OS)

  1. Windows
Untuk menghubungkan computer dan peralatan jaringan lainnya, sehingga membentuk sigmen jaringan.
  1. RJ-45
Nama connector jenis yang digunakan untuk koneksi Ethernet pada computer dan perangkat jaringan Ethernet lainnya.
  1. Crimping

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai hardware, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/929/1/10107392.pdf
    trimakasih :)

    BalasHapus